Selasa, 09 Agustus 2016

Ketep Pass di Magelang

Object Wisata Ketep Pass kabupaten Magelang adalah Object Wisata Alam Kegunungapian terutama Gunung Merapi. Object Wisata Ketep Pass terdapat pada ketingggian 1200 m dpl. Luas ruang sekitaran 8000 m persegi, berjarak 17 km dari Blabak Magelang kearah timur, 30 km dari Kota Magelang serta 35 km dari Boyolalai. Dari kota Salatiga yang berjarak sekitaran 32 km, bisa melalaui Kopeng serta Desa Kaponan serta 30 km dari Candi Borobudur. Lokasi Object gampang dijangkau baik dengan Bus Besar, Mini bus, Sedan atau semacamnya ataupun sepeda motor.



Atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto, diambil tanah berbukit ini untuk diperkembang sebagai tempat maksud wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian. Object Wisata Ketep Pass diresmikan oleh Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002.

GARDU PANDANG
Berbentuk 2 buah gazebo semasing dengan ukuran empat persegi panjang serta bangunan sisi delapan dengan panjang panjang segi lima mtr.. Tempat untuk lihat keindahan alam Gunung Merapi serta Gunung Merbabu. Dan hamparan tempat pertanian di ke-2 kaki Gunung itu. Sembari nikmati makanan serta minuman yang disiapkan oleh pedagang di sekitar Object.

KETEP VULKANO THEATRE
Satu gedung tempat pemutaran film dokumenter mengenai kesibukan Gunung Merapi dengan kemampuan tempat duduk 78 kursi. Film ilmiah yang bercerita mengenai terjadinya, jalur-jalur pendakian, riset dipuncak Garuda dan letusan dahsyat Gunung Merapi,

KETEP VULKANO CENTRE
Satu gedung yang dimaksud museum dangan luas lebih kurang 550 m persegi. Satu museum vulcanologi yang didalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi, Computer interaktif yang diisi mengenai dokomen kegunungapian, sebagian contoh batu-batuan bukti letusan dari th. ke th.. Poster puncak Garuda yang memiliki ukuran 3x3m, poster peringatan awal lahar Gunung Merapi

AREAL PARKIR
Areal parkir yang luas serta cukup memedai untuk menyimpan Bus besar.

PELATARAN PANCA ARGA
Panca Arga memiliki makna Lima Gunung, pada lokasi ini adalah puncak paling tinggi di Object Wisata Ketep Pass. Dari puncak paling tinggi ini pengunjung bisa lihat Lima Gunung yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing serta Gunung Slamet.
Terkecuali ke lima Gunung itu pengunjung masihlah bisa lihat serta nikmati Gunung-Gunung kecil serta Bukit-bukit yang begitu indah diantaranya, Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telo Moyo dan lain-lain.

RESTAURANT KETEP PASS
Di sini pengunjung bisa nikmati menu yang dihidangkan diRestaurant Ketep Pass sesuai sama selera. Bangunan diatas ketep vulcano teatre yang berdinding kaca ini, begitu pas untuk pengunjung sembari menyantap hidangan yang ada juga nikmati indahnya pemandangan di kaki Gunung Merapi serta Gunung Merbabu.

TEROPONG
Sejumlah dua buah yang ada di puncak Panca Arga serta Gardu Pandang. Dengan alat ini pengunjung bisa lihat dengan terang keindahan pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu serta gunung-gunung yang lain.

MUSHOLA
Luas bangunan mushola lebih kurang 10 m persegi dengan bentuk bangunan yang artistik, komplit dengan tempat wudlu serta toilet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.